Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Baik dan Benar

Bunga matahari merupakan bunga yang mudah tumbuhnya dan tidak terlalu sulit pemeliharaannya. Batangnya yang dapat tumbuh 0,5 sampai 4,5 meter memang menjadi daya pikat selain bunganya yang besar dan dramatis. Selain itu, bijinya juga bisa dipanen dan diolah menjadi makanan ringan bernama kwaci. Namun demikian, tanaman yang bunganya berwarna kuning ini rawan diserang hama ulat bulu.

Jika anda ingin menanam bunga matahari, ikuti petunjuk dibawah ini tentang cara menanam bunga matahari dengan baik dan benar.

Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Baik dan Benar
  • Pemilihan Benih
Meskipun namanya bunga matahari, tetapi tanaman ini mempunyai beberapa varietas. Anda bisa memilih jenis bibit yang sesuai dengan keinginan anda, diantaranya mammoth, sunbeam, autumn beauty, atau teddy bear.
  • Persiapan Lahan
Lahan untuk menanam bunga matahari haruslah selalu terpapar sinar matahari saat siang. Meskipun begitu, tempat yang cocok untuk menanamnya juga kalau bisa terlindung dari angin.
Bunga matahari hidup baik pada tanah yang ber PH 6,0 sampai 7,5. Tetapi pada dasarnya bunga matahari bisa hidup di sebagian besar jenis tanah
  • Cara menanam bunga matahari dengan baik dan benar
Langkah yang harus dilakukan untuk menanam bunga matahari dengan baik dan benar, antara lain:
  1. Gemburkan tanah dengan mencangkkulnya atau dengan sekop sebelum penaburan benih
  2. Buatlah lubang tanam  sedalam 2,5 cm. Berikanlah jarak selebar 45cm diantara satu lubang dengan lubang disampingnya. Sedangkan jarak antara satu ;ubang dengan lubang di depan dan belakangnya adalah sekitar 75cm
  3. Masukkan beberapa benih pada satu lubang, lalu tutupi dengan tanah.
  4. Taburkan pupuk pada sekitar area tanaman. Usahakan anda menggunakan pupuk organik agar tidak merusak tanah anda
  5. Sirami tanah secukupnya. Jangan sampai membanjir karena bisa membuat benih menjadi busuk.
  • Perawatan Tanaman
Sirami tanaman anda sekitar sehari sekali atau sesuaikan dengan cuaca. Apabila sedang hujan, anda tidak perlu menyiraminya. Sebaliknya, saat panas terik, anda bisa memberi air sedikit lebih banyak. Bunga pertama biasanya akan mekar sekitar 3 bulan setelah penanaman benih. Bila perlu, beri batang bambu untuk menopang batang bunga matahari yang tumbuh semakin besar.
  • Masa Panen
Biji bunga matahari bisa dipanen saat bunganya sudah terkulai dan bijinya berwarna kecoklatan dan mongering. Potong bunga matahari dengan jarak 5cm dari pangkal bunga, lalu gantungkan secara terbalik. Keringkan di tempat yang berventilasi baik sampai benar-benar kering.

Demikian artikel mengenai cara menanam bunga matahari dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana