Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Menanam secara hidroponik memang mempunyai banyak kelebihan daripada menanam secara konvensional. Anda tidak perlu berkotor-kotor dan repot mencangkul karena hanya menggunakan sedikit tanah sebagai media tanam.

Meski memiliki keuntungan yang cukup besar, namun sebenarnya perlengkapan untuk menanam secara  hidroponik tergolong mahal dan menguras kantong? Jika Anda membeli perlengkapan standar penanaman hidroponik, jutaan Rupiah bisa keluar dari dompet Anda lho.

cara menanam hidroponik dengan botol bekas
Eits tak perlu khawatir karena Anda ternyata tetap bisa menanam secara hidroponik dengan alat buatan sendiri yang pastinya memakan biaya yang jauh lebih murah. Bahan yang Anda perlukan juga mudah didapat kok, yakni botol-botol plastik bekas minuman kemasan. Bagaimana caranya? Terus simak artikel cara menanam hidroponik dengan botol bekas ini ya.
  • Pertama, siapkan bahan-bahan yang Anda perlukan seperti:
  1. Botol plastik bekas miuman kemasan, kalau bisa yang ukuran 1,5 liter
  2. Cutter, pisau, atau gunting
  3. Kain atau sumbu kompor
  4. Tanah (bukan pasir)
  5. Paku
  6. Pupuk kompos
  • Potong botol plastik dengan cutter, pisau, atau gunting menjadi dua bagian. Pastikan bagian bawah botol lebih panjang dari bagian atasnya.
  • Pisahkan bagian atas botol dan bagian bawahnya. Beri lubang-lubang dengan paku yang telah dipanaskan pada bagian atas botol secara melingkar di bahu botol
  • Lubangi juga tutup botol dengan diameter kira-kira 1cm untuk jalan sumbu, lalu masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali tutup botol pada botol bagian atas. Sumbu ini nantinya akan berfungsi untuk mengalirkan air dari bawah ke atas.
  • Selanjutnya, tuangkan cairan nutrisi ke bagian bawah botol dan letakkan bagian atas botol diatasnya secara terbalik seperti corong. Pastikan ujung sumbu bagian bawah tenggelam/menyentuh cairan nutrisi.
  • Langkah berikutnya dalam cara menanam hidroponik dengan botol bekas adalah campurkan tanah dan pupuk kompos dan letakkan di bagian atas botol. Kemudian Anda bisa menebar biji atau menanam benih di media tanam hidroponik dari botol yang telah Anda buat.
Agar tanaman hidroponik Anda tumbuh dengan baik, letakkanlah di tempat yang terkena sinar matahari namun tidak terkena hujan. Jangan lupa untuk mengisi ulang cairan nutrisi apabila sudah tinggal sedikit. Jangan menunggu sampai habis ya karena bisa menghambat pertumbuhan tanaman Anda.

Demikianlah beberapa langjkah yang harus Anda ikuti tentang  cara menanam hidroponik dengan botol bekas ini. Mudah bukan untuk membuatnya? Dan pastinya tidak membutuhkan biaya besar. Selamat mencoba!

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana