Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Tips Mudah Menanam Kacang Hijau Dengan Benar

Kacang hijau merupakan tanaman palawija yang sangat bergizi sebab mengandung berbagai macam vitamin didalamnya,  terutama vitamin B kompleks yang baik untuk pertumbuhan. Oleh karena itu, kacang hijau sering diolah menjadi berbagai macam kudapan seperti bubur kacang hijau, bubur bayi, susu kacang hijau, isian bakpia, dan lain-lain.

Sebelum Anda mengetahui cara menanam kacang hijau dengan benar, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pertumbuhan kacang hijau. Tumbuhan ini dapat tumbuh baik jika ditanam di tanah berlempung dengan pH berkisar antara 5 sampai 6. Jika tanah terlalu asam, Anda bisa mencampurkan tanah dengan dolomite terlebih dahulu agar pas.

Suhu pertumbuhan yang baik untuk kacang hijau adalah 25-30 derajat celcius dengan kelembaban 80%. Ini berarti kacang hijau baik ditanam di lahan yang ketinggiannya tidak lebih dari 800 meter diatas permukaan laut.

Cara menanam kacang hijau dengan benar adalah sebagai berikut:

Cara Menanam Kacang Hijau Dengan Benar
  • Mulai dengan menyiapkan benih
Persiapkan benih yang yang baik dengan ciri-ciri tidak rusak , cacat, maupun kopong. Anda bisa menyemai biji terlebih dahulu diatas rockwool atau langsung menanamnya di media tanam. Setiap hektar tanah membutuhkan sekitar 20kg benih.
  • Gemburkan tanah
Gemburkan tanah baik dengan mencangkul maupun membajaknya, lalu bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar jika Anda akan menanam kacang hijau di lading atau tegalan. Jika menanam di sawah bekas padi, Anda bisa langsung menanam benih tanpa pengolahan lebih lanjut dengan syarat sawah telah kering. Jika masih ada air yang menggenang, buatlah saluran irigasi dulu. Selain itu, kacang hijau yang ditanam di sawah bekas padi harus ditanam maksimal 5 hari setelah padi dipanen.
  • Proses penanaman
Langkah selanjutnya adalah menanam benih kacang hijau. Caranya dengan memasukkan dua benih kacang hijau per lubang. Untuk jarak tanamnya adalah 40 x15 cm jika ditanam pada musim hujan atau 40 x 10 cm jika ditanam pada musim kemarau.

Jika lahan anda kurang subur, saat menanam berilah pupuk urea 4kg, 45-90kg SP36,dan 50 KCl per hektar. Larikan pupuk disisi lubang tanam sepanjang barisan tanaman. Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan pupuk organik. Dengan pupuk kompos, anda membutuhkan sekitar 1520-1560 ton pupuk per hektar.
Kacang hijau dapat dipanen saat polongnya berubah dari hijau menjadi coklat. Panenlah polongnya, lalu jemur selama 2-3 hari agar mudah dibuka.

Cara menanam kacang hijau dengan benar ini cukup mudah dilakukan ‘kan? Semoga bermanfaat.

Tips Mudah Menanam Kacang Hijau Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana