Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Friday, 26 August 2016

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal

Kacang panjang adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dicari. Wajar saja, karena kacang panjang memang mengandung banyak zat gizi dan mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Untuk mengkonsumsi kacang panjang, Anda tidak harus membelinya di warung lho. Sebaliknya, Anda juga bisa menanamnya sendiri.

Sebelum mengetahui cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal, ada baiknya Anda tahu hal-hal penting tentang pertumbuhan kacang panjang. Pertama, kacang panjang lebih baik ditanam di tanah lempung berpasir dan gembur. Kedua, PH tanah yang baik untuk pertumbuhan kacang tanah adalah PH netral berkisar antara 5 sampai 6. Jika tanah terlalu asam, Anda bisa mencampurkan tanah dengan dolomite terlebih dahulu.

cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal
Suhu pertumbuhan yang baik untuk kacang panjang adalah 25-30 derajat celcius. Hal ini mengindikasikan bahwa tanaman ini sangat cocok untuk tumbuh di daerah yang ketinggiannya tidak lebih dari 800 meter diatas permukaan laut. Penanaman kacang panjang paling baik dilakukan di awal musim hujan untuk menjaga ketersediaan airnya.

Nah, setelah Anda mengetahui hal-hal penting sebelum menanam kacang panjang, sekarang kami informasikan cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal.

Cara Mudah Budidaya Kacang Panjang Agar Tidak Rugi

  1. Persiapkan benih yang akan Anda tanam. Benih kacang panjang yang baik memiliki ciri-ciri tidak rusak maupun cacat dan tidak berhama/ berpenyakit.
  2. Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar dan cangkul lahan yang akan Anda tanami agar gembur.
  3. Bila perlu, tambahkan pupuk kAndang dengan cara mencampurkan dengan media tanam. Setelah dipupuk, jangan langsung ditanami benih. Biarkan dahulu selama 7 hari agar pupuk tercampur dengan tanah.
  4. Buatlah bedengan setinggi kurang lebih 30 cm dan lebar 80cm. Jarak antara bedengan adalah 40cm.
  5. Buatlah lubang diatas bedengan untuk menanam benih. Jarak antara lubang 30 cm dan jarak dengan lubang didepannya 40cm.
  6. Masukkan benih kacang panjang kedalam lubang tanam. Setiap lubang berisi 2 biji. Setelah itututup dengan tanah tipis-tipis.
  7. Sirami tanaman sehari sekali, ini karena tanaman kacang panjang tidak membutuhkan banyak air.
  8. Saat tanaman berusia 45 hari, berikan pupuk susulan berupa pupuk urea 50kg, sp36 25kg, dan KCl 75 kg per hektar tanah. Buatlah lubang di sekitar tanaman, lalu masukkan pupuk dilubang tersebut.
Demikian ulasan dari kami tentang cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal. Maksimalkan potensi lahan Anda dengan bercocok tanam. Selamat mencoba.

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Hasilnya Optimal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana