Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cobain, Cara Menanam Tumbuhan Talas Yang Baik Berikut Ini

Talas merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang berpotensi menjadi sumber makanan alternatif selain singkong dan ubi. Talas juga sering diolah menjadi kudapan yang lezat mengguggah selera. Tak hanya umbinya saja, daun talas biasa digunakan sebagai pembungkus sementara batang tanaman ini digunakan sebagai bahan olahan masakan.

Talas bisa tumbuh di hampir seluruh daerah di Indonesia dengan ketinggian maksimal 1000 meter diatas permukaan laut. Seringkali talas tiba-tiba tumbuh di tempat-tempat yang lembab, tapi ternyata talas juga bisa ditanam lho.

 Cara Menanam Tumbuhan Talas Yang Baik
Cara menanam talas yang baik akan menghasilkan umbi talas yang baik pula. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menanam talas yang baik agar menghasilkan panen bagus.
Seperti apa sih cara menanam talas yang baik? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut:
  • Menanam talas dari umbi
Untuk menanam talas dari umbi, pilihlah umbi yang dekat dengan titik tumbuh. Setelah itu iris umbi hingga meninggalkan satu mata bakal tunas saja. Biarkan dulu beberapa saat umbi yang telah diiris untuk diangin-anginkan, lalu diberi abu di tempat irisannya. Kemudian letakkan umbi talas di tanah. Setelah umbi tumbuh dan daunnya sudah keluar 2- 3 buah, umbi siap dipindahkan ke lahan tanam.
  • Menanam talas dari tunas
Sedangkan untuk menanam talas dari tunas, gunakan tunas dari talas yang berusia 5-7 bulan, yaitu tunas kedua dan ketiga. Tunas hanya perlu dicabut lalu ditanam di lahan tanam. Dalam memindahkan bibit tanaman talas, anda perlu menggemburkan tanah terlebih dahulu.

Cangkul tanah yang akan ditanami talas, lalu tanamlah talas dengan jarak 75cm ke depan dan 75 cm ke samping. Jarak ini dapat disesuaikan tergantung jenis tanaman talas yang anda tanam karena pada dasarnya beberapa tanaman talas dapat tumbuh sangat besar.

Untuk memelihara tanaman talas sendiri, Anda perlu melakukan penyiangan dan pemupukan. Penyiangan harus dilakukan secara berkala karena rumput liar dan gulma dapat mencuri unsure hara yang diperlukan oleh tanaman talas. Setidaknya penyiangan pertama perlu dilakukan pada 1 bulan setelah penanaman talas.

Sedangkan untuk pemupukan, Anda bisa menggunakan pupuk kandang secukupnya. Idealnya adalah 1 ton pupuk kandang untuk 1 hektar lahan. Pemupukan pertama dilakukan saat pengolahan tanah sebelum penanaman, sedangkan pemupukan selanjutnya dilakukan sebulan setelah tanam dengan pupuk NPK dan urea.

Itulah cara menanam talas yang baik yang bisa digunakan sebagai panduan menanam. Semoga bermanfaat bagi Anda ya

Cobain, Cara Menanam Tumbuhan Talas Yang Baik Berikut Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana