Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cara Mudah Menanam Cabai Paprika Dalam Pot

Paprika merupakan salah satu bahan masakan yang saat ini sering digunakan. Siapa sangka paprika yang berbentuk mirip tomat besar ini ternyata justru merupakan cabai. Meskipun cabai, kepedasan paprika bisa dibilang sangat rendah sehingga cenderung mirip dengan merica.

Seperti halnya tanaman lain, cabai paprika juga bisa ditanam di dalam pot lho. Selain bisa dipanen buahnya, warna paprika yang beragam juga cantik jika digunakan sebagai tanaman hias. Bagaimana cara menanam cabai paprika dalam pot? ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mudah Budidaya Cabai Paprika di Rumah Menggunakan Pot

Cara Mudah Menanam Cabai Paprika Dalam Pot
  1. Siapkan benih yang akan ditanam. Rendam biji paprika selama 4-6 jam dengan air hangat kuku.
  2. Letakkan bibit yang telah direndam di atas campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam. Biarkan biji berkecambah. Bibit bisa dipindahkan kedalam pot setelah usianya 25-30 hari.
  3. Setelah bibit berusia 25-30 hari, langkah selanjutnya dalam cara menanam cabai paprika dalam pot adalah memindahkannya ke dalam pot. Campurkan tanah, pupuk kompos, dan sekam bakar lalu masukkan kedalam pot. Pot yang digunakan harus memiliki diameter minimal 25cm agar pertumbuhan tanaman baik.
  4. Buatlah lubang kecil di tengah media tanam dan pindahkan bibit ke dalam pot. Usahakan pemindahan dilakukan pada sore hari agar tanaman tidak layu dan meminimalisir kematian tanaman.
  5. Siram dengan air secukupnya. Jangan menyiram terlalu banyak sampai menggenang karena tanaman bisa membusuk.

Cara Merawat Cabai Paprika

  1. Agar tanaman tidak patah, pasangkan bambu penopang saat tanaman paprika sudah mulai dewasa.
  2. Siram tanaman paprika secukupnya. Tidak perlu setiap hari, yang penting tanah media tanamnya tidak boleh sampai kering.
  3. Bersihkan rumput dan gulma dalam pot secara berkala karena bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.
  4. Saat tanaman paprika berusia 2 minggu, lakukan pemupukan. Larutkan 1 sendok pupuk NPK yang dilarutkan dengan 5 liter air. Setiap tanaman hanya perlu diberi 200ml saja setiap 3 hari sekali. Satu hal yang perlu diketahui, jangan sampai larutan pupuk mengenai daun tanaman paprika.
  5. Jika ada salah satu tanaman paprika yang terserang penyakit, segera cabut bagian tanaman (misalnya daun) dan buang. Jika dibiarkan, penyakit bisa menular ke tanaman yang lain.
Cabai paprika sudah bisa dipanen pada usia sekitar 3 bulan baik saat masih berwarna hijau maupun saat sudah matang dan berwarna merah, kuning, maupun ungu. Terimakasih telah membaca artikel cara menanam cabai paprika dalam pot ini. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Menanam Cabai Paprika Dalam Pot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana