Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cara Mudah Menanam Cabai Rainbow Dari Biji

Cabai rainbow atau cabe pelangi sering digunakan sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan warna buahnya yang berwarna-warni yang bisa mempercantik tampilan taman atau teras rumah. Saat ini banyak sekali toko-toko pertanian yang menjual bibit cabai rainbow baik berupa biji maupun yang sudah semaian. Bibit yang berupa biji biasanya dikemas dalam plastik dan dijual sekitar Rp40.000 sampai Rp60.000 per bungkusnya. Sedangkan untuk yang sudah semaian harganya bervariasi tergantung ukuran tanaman.

Menanam cabai rainbow dari biji tentunya lebih hemat daripada menanam dari bibit semaian. Ini karena dalam satu bungkus biji cabai rainbow terdapat banyak bibit, sedangkan jika Anda membeli bibit semaian anda harus membelinya per satuan tanaman. Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kami akan menginformasikan cara menanam cabai rainbow dari biji khusus untuk anda.

Cara Mudah Menanam Cabai Rainbow Dari Biji
  • Persiapan Media Tanam
Pada dasarnya cara menanam cabai rainbow dari biji mirip dengan cara menanam cabai biasa. Cabai rainbow paling baik apabila ditanam di media tanam yang terbuat dari campuran sekam bakar, pasir, pakis kering, tanah, dan pupuk kandang. Jadi sebelum menanam cabai rainbow, persiapkan dahulu media tanamnya. Caranya, campur semua bahan tadi menjatu satu dan aduk rata, lalu masukkan ke dalam pot atau polybag tempat menanam cabai.
  • Persemaian Bibit
Langkah selanjutnya adalah menyemaikan bibit. Penyemaian bibit dapat dilakukan langsung di media tanam maupun di wadah lain, misalnya baki. Petama, biji cabai rainbow perlu direndam dalam air dingin selama beberapa jam. Letakkan biji di tempat persemaian tanpa perlu dikubur dengan tanah. Sirami secara berkala sehari sekali atau menyesuaikan cuaca, tapi jangan sampai terlalu banyak menyirami karena biji cabai bisa membusuk.

Kira-kira 5 hari kemudian bibit akan tumbuh berkecambah. Lanjutkan dengan menyirami sehari sekali sampai bibit tumbuh menjadi sekitar 10 cm, setelah itu bibit siap dipindah ke media tanam.
  • Pemindahan Bibit Ke Media Tanam
Cabutlah bibit dari media persemaian. Anda harus berhati-hati agar akar tanaman cabai rainbow patah. Buatlah lubang dengan jari pada media tanam dan letakkan bibit pada lubang tersebut. Perhatikan agar akar tanaman tidak menekuk ke atas karena dapat mengganggu pertumbuhannya. Selanjutnya tutup lubang dengan tanah dan pastikan tanaman kokoh.

Setelah pemindahan, anda hanya perlu merawatnya dengan penyiraman sehari sekali. Tiga bulan kemudian, anda sudah bisa menikmati tumbuhnya buah cabai rainbow yang cantik. Selamat mencoba cara menanam cabai rainbow dari biji ini ya.

Cara Mudah Menanam Cabai Rainbow Dari Biji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana