Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Friday, 26 August 2016

Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Bercocok tanam secara hidroponik memang sangat praktis dan menguntungkan, terutama bagi masyarakat perkotaan yang mengalami kekurangan lahan tanah. Hal ini dikarenakan sistem penanaman secara hidroponik hanya menggunakan sedikit tanah atau tidak sama sekali.

Orang yang sudah pernah bercocok tanam dengan cara ini pasti ingin melakukannya terus dengan semua tanaman karena sederhana dan mudah. Eits, Anda jangan salah sebab sebenarnya tidak semua tanaman cocok dibudidayakan melalui sistem hidroponik lho.

jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik
Memang pada dasarnya semua jenis tumbuhan bisa ditanam secara hidroponik. Meski demikian, beberapa jenis pohon yang berukuran besar dan membutuhkan waktu lama untuk panen tidak disarankan menggunakan metode hidroponik. Ini karena peralatan hidroponik tidak dapat menopang pohon besar dan pastinya membutuhkan biaya yang sangat banyak untuk pemeliharaannya.

Diantara beberapa jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, pohon manga dan pohon rambuta bukan termasuk yang disarankan menggunakan sistem ini. Hal ini disebabkan pohon mangga umumnnya membutuhkan waktu 5 tahun sebelum berbuah. Dalam waktu sepanjang itu tentunya dibutuhkan biaya perawatan yang sangat banyak yang tentu tidak sebanding dengan hasil panennya.

Lalu apa saja jenis- jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik? Syarat pertama adalah ukurannya tidak besar atau tidak berupa pohon-pohonan sehingga hidroponik kit masih bisa menyangganya. Hal lain yang diperlukan adalah memeprhatikan jangka waktu panen sebuah pohon. Tanaman yang bisa ditanam dengan sistem ini sebaikny memiliki waktu panen sebenta atau hanya dalam hitungan bulan.

 Berdasarkan ciri-ciri tersebut, jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik adalah
  • Sayuran yang berbuah
Sayuran yang berbuah bisa berupa tomat, cabai, timun, maupun terong.
  • Sayuran dedaunan
Sayuran dedaunan adalah sayur yang dipanen daunnya. Contoh dari sayuran dedaunan adalah bayam, selada, kangkung, sawi, pokcoy, kemangi dan lain-lain.
  • Sayuran batang
Contoh dari sayuran batang adalah kalian, seledri, bawang daun,
  • Sayuran bung
Sayuran bunga meliputi brokoli, kembang kol, dan lain-lain.
  • Jenis umbi-umbian
Yang termasuk umbi-umbian yang bisa ditanam dengan system hidroponik adalah wortel, kentang, bawang
  • Buah- buahan
Tanaman buah yang bisa ditanam dengan system hidroponik harus berbatang kecil. Contohnya anggur, melon, semangka, stroberi, dll.
  • Tanaman Obat/ herbal
Contohnya kumis kucing, daun dewa, daun mint, ketumbar, dll.
  • Jenis tanaman bunga
Sistem hidroponik juga bisa digunakan untuk menanam bunga. Contohnya bunga anggrek, bunga krisan, bunga mawar, dll.

Nah pembaca, itulah jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Bisa disimpulkan bahwa pada umumnya tanaman tersebut memiliki batang yang tidak terlalu besar dan jangka waktu panennya cepat. Semoga bermanfaat.

Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana