Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Nih, Keuntungan Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Yang Hobi Berkebun

Sistem bercocok tanam hidroponik merupakan sistem bercocok tanam dengan menggunakan air tanpa atau hanya menggunakan sedikit tanah. Sebagai salah satu teknologi terapan terbaru, bercocok tanam secara hidroponik memang banyak yang meminati, terutama bagi masyarakat perkotaan. Ini disebabkan oleh sulitnya lahan kosong yang bisa ditanami di daerah tersebut.

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa keuntungan bercocok tanam hidroponik. Salah satunya sudah kami sebutkan diatas. Lalu apa lagi keuntungan lainnya? Baca terus ya:

keuntungan bercocok tanam hidroponik
  • Hemat Lahan
Seperti yang telah kami sebutkan, bercocok tanam secara hidroponik memang membutuhkan lebih sedikit lahan disbanding bercocok tanam secara konvensional. Ini karena saat bercocok tanam secara hidroponik anda bisa meletakkan hidroponik kit secara bertumpuk menggunakan rak.
  • Tanaman Hidroponik Lebih Tahan Hama dan Penyakit
Dengan bercocok tanam secara hidroponik, tanaman yang anda tanam akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Seperti yang anda ketahui, beberapa hama dan penyakit menyerang tanaman dari dalam tanah. Karena hidroponik tidak menggunakan tanah, maka ini merupakan suatu keuntungan bagi tanaman.
  • Hemat Air dan Pupuk
Keuntungan bercocok tanam hidroponik yang ketiga adalah hemat air dan pupuk. Ternyata bercocok tanam secara hidroponik menghemat air hingga 10 kali dari menanam secara konvensional. Ini karena kalau bercocok tanam secara konvensional anda perlu menyirami tanaman anda, sedangkan secara hidroponik tidak perlu. Dengan hidroponik, air dan pupuk yang dibutuhkan tanaman sudah terkandung dalam air nutrisi.
  • Menyediakan Pemasok Oksigen Di Sekitar Anda
Tidak bisa dipungkiri, kehidupan di perkotaan semakin hari semakin panas saja karena berkurangnya tanaman dan pohon produsen oksigen. Dengan menanam secara hidroponik di sekitar rumah anda, anda bisa menghasilkan oksigen dari tanaman-tanaman tersebut, dan otomatis akan menyegarkan udara di rumah anda.
  • Memberikan Kepuasan dan Ketenangan
Keuntungan bercocok tanam hidroponik juga termasuk keuntungan psikolog. Bisa mencapai sesuatu pastinya akan memberikan kepuasan dan ketenangan, begitu pula dengan berkebun hidroponik. Merawat tanaman dan melihatnya tumbuh bisa memberikan ketenangan pada anda, dan saat panen dan hasil panennya bagus, anda pasti merasakan kepuasan karena jerih payah anda terbayar.
  • Ramah Lingkungan
Salah satu cara untuk bercocok tanam secara hidroponik adalah dengan menggunakan botol bekas, paralon bekas, atau gelas plastik bekas, dan bahan bekas lain. Secara tidak langsung ini membantu memanfaatkan kembali limbah-limbah plastik di sekitar Anda dan mengurangi sampah.

Apakah anda sudah membaca semua keuntungan bercocok tanam hidroponik diatas? Jadi jangan ragu apabila tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk anda yang hobi berkebun. Cobalah untuk menggunakan teknik hidronik.

Nih, Keuntungan Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Yang Hobi Berkebun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana