Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Friday, 26 August 2016

Klasifikasi Cabe Bolivian Rainbow Atau Cabai Pelangi

Beberapa waktu belakangan masyarakat sedang dihebihgkan dengan cabai berwarna-warni. Cabai ini cukup menyita perhatian karena memiliki warna unik yang sangat indah dan terang. Kali ini tim redaksi akan berbagi informasi tentang klasifikasi cabe pelangi, namun sebelum ini mari berkenalan dulu dengan “si kecil” mungil ini.

Cabai rainbow atau cabai pelangi merupakan tanaman yang berasal dari Bolivia. Oleh karena itu, dalam Bahasa Inggris cabai rainbow disebut sebagai bolivian rainbow chilli. Bentuknya yang cenderung lebih menggembung dibandingkan cabai rawit rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman.

klasifikasi cabe pelangi
Cabai pelangi masih satu jenis dengan cabai rawit biasa, namun mempunyai keunikan tersendiri. keunikannya terletak pada perubahan warna buah cabai yang akan terus terjadi selama pertumbuhan. Awalnya cabai pelangi akan berwarna hijau saat masih muda, lalu pudar menjadi putih, berubah menjadi ungu, kuning, dan akhirnya merah saat sudah tua. Karena perubahan warna inilah, tanaman ini disebut cabai rainbow. Inilah yang membuat cabai pelangi populer digunakan sebagai tanaman hias.

Selain indah bila digunakan sebagai tanaman hias, cabai rainbow juga bisa digunakan sebagai bahan makanan lho. Dengan tingkat kepedasan 5000-30.000 SHU, cabai rainbow bisa dibilang relatif kurang pedas dibandingkan cabai rawit yang tingkat pedasnya 40.000-50.000 SHU. Cocok sekali untuk anda yang menganggap cabai rawit terlalu pedas untuk lidah anda.

Dalam masa hidupnya, setiap klasifikasi cabai rainbow atau cabai pelangi ini biasa tumbuh sampai sekitar 40-50 cm tingginya. Jika ditanam di negara 4 musim atau beriklim sub tropis, biasanya cabai pelangi akan berbuah pada akhir musim semi. Namun jangan khawatir, bagi kita yang tinggal di Indonesia atau di negara tropis lainnya, cabai pelangi bisa berbuah sepanjang tahun lho. Ini karena di negara beriklim tropis, cabai pelangi bisa mendapat sinar matahari setiap hari hampir sepanjang tahun. Sinar matahari ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan cabai rainbow.

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu cabai pelangi? Selanjutnya langsung saja kami sajikan klasifikasi cabai rainbow atau cabai pelangi dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Cabe Pelangi atau Cabe Bolivian Rainbow

Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (tumbuhan yang menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
Kelas:Magnoliopsida (tumbuhan berbiji berkeping dua/ dikotil)
Sub Kelas: asteridae
Ordo: Solanales
famili: Solanaceae (keluarga terung-terungan)
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum annum l.
Kultivar: bolivian rainbow
Hmmm, sudah berkenalan dengan tanaman serta klasifikasi cabai ranbow dan cabai pelangi ‘kan? Anda bisa mencoba untuk menanamnya di rumah lho. Semoga bermanfaat.

Klasifikasi Cabe Bolivian Rainbow Atau Cabai Pelangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana