Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Friday, 26 August 2016

Cara Mudah Menanam Lamtoro Berserta Klasifikasinya

Cara Menanam Lamtoro - Mendengar nama lamtoro, mungkin tidak banyak orang yang tahu. Namun jika petai cina, kebanyakan orang pasti mengerti. Lamtoro atau petai cina merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Latin yang dibawa ke Indonesia oleh bangsa Belanda dan Portugis.

Lamtoro yang merupakan tanaman semak ini memiliki cirri-ciri tinggi pohon yang bisa mencapai 10 meter dan bercabang banyak dan kuat. Daun lamtoro kecil-kecil bersirip 2, sementara buah dari tanaman lamtoro ini adalah petai cina yang sering dijadikan bahan makanan.

Cara Menanam Lamtoro
Lamtoro pada dasarnya termasuk tanaman yang mudah beradaptasi, sehingga membudidayakannya termasuk mudah. Pada umumnya tanaman lamtoro akan tumbuh baik di darah dataran rendah sampai dataran menengah. Berikut kami sajikan ulsan cara menanam dan klasifikasi lamtoro bagi Anda yang tertarik:
  1. Jika anda akan menanam lamtoro dari benih, pilihlah benih yang sudah tua dan berkualitas baik. Ciri-cirinya adalah biji berwarna coklat gelap dan berukuran sedang sampai besar.
  2. Rendam benih dalam air dingin selama 14 jam sebelum disemaikan, atau dengan air hangat 70 derajat celcius selama 10-12 menit. Hanya gunakan benih yang tenggelam dalam air saat direndam.
  3. Siapkan gelas plastic atau polybag. Jika menggunakan gelas plastic, buat beberapa lubang di bagian bawah gelas dengan paku.
  4. Isi polybag atau gelas dengan campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:3. Isikan hanya ¾ bagian saja, jangan sampai penuh.
  5. Buatlah lubang di sedalam kurang lebih 2 cm untuk menanam biji.
  6. Masukkan 2 biji lamtoro dalam 1 lubang dan tutup dengan tanah secukupnya.
  7. Siram 2 kali sehari pada musim kemarau, atau secukupnya.
  8. 20 hari setelah persemaian, lakukan pemupukan NPK dengan dosis 100 gram NPK yang dilarutkan dengan 10 liter air.
  9. Bibit Lamtoro siap dipindahkan ke Kebun. Usia yang baik untuk memindahkan lamtoro adalah saat tinggi tanaman sudah lebih dari 26cm atau berumur lebih dari 35 hari.
Karena tanaman lamtoro mudah beradaptasi, tidak ada cara khusus untuk menanam tanaman lamtoro yang sudah berupa bibit.

Setelah mengetahui cara menanam lamtoro, artikel cara menanam dan klasifikasi lamtoro ini akan menyajikan pembagian klasifikasi tanaman itu sendir, antara lain:
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Leucaena
Spesies: Leucaena leucocephala L.
Kini Anda telah mengetahui cara menanam dan klasifikasi lamtoro ‘kan? Jangan ragu untuk mulai menanam dan membudidayakannya ya. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Menanam Lamtoro Berserta Klasifikasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana