Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Monday, 22 August 2016

Cara Menanam Timun Secara Hidroponik

Timun, mentimun, atau ketimun adalah salah satu tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Sayur yang identik dengan lalapan ini memang memiliki banyak manfaat. Tidak mengherankan jika orang yang menanamnya baik untuk dijual maupun dikonsumsi sendiri akan mendapat banyak keuntungan. Timun juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah timun dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam artikel kali ini, kami sajikan cara menanam timun secara hidroponik. Simak terus artikel ini ya.

Cara Menanam Timun Secara Hidroponik
  • Pembibitan
Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk menanam tanaman ini adalah pembibitan. Jika bibit berasal dari biji, maka Anda perlu menyemaikannya terlebih dahulu. Penyemaian bisa dilakukan pada baki atau nampan yang telah diberi tanah dan kemudian ditaburi biji dan ditutup dengan tanah tipis-tipis. Selain menggunakan tanah anda juga bisa menggunakan rockwool sebagai media semai.
  • Pemindahan ke Hidroponik Kit
Saat biji sudah tumbuh menjadi benih mentimun berdaun 2, benih sudah siap dipindahkan ke media tanam dalam hidroponik kit. Untuk membuat hidroponik kit, anda memerlukan beberapa alat dan bahan, yaitu: pot plaastik kecil atau gelas plastik, pipa paralon, air, arang sekam, larutan nutrisi, ajir, kertas, dan gunting.

Cara membuatnya adalah: lubangi gelas plastik 1-2mm, lalu tutup lubang dengan kertas. Masukkan arang sekam kedalam kertas. Selanjutnya lubangi paralon dengan diameter sesuai dengan gelas plastik yang telah disiapkan dan tutuplah ujung kanan dan kiri paralon dan tuangkan aair nutrisi pada pipa paralon

Langkah selanjutnya dalam cara menanam timun secara hidroponik adalah memindahkan bibit ke media tanam. Cabut bibit yang telah anda semai secara hati-hati, jangan sampai akarnya patah dan tanam di arang sekam dalam gelas plastik sedalam kurang lebih 2-3cm. Kemudian letakkan gelas plastik di lubang paralon. Pastikan ujung gelas plastik mengenai air nutrisi.
  • Perawatan tanaman
Setelah proses penanaman, tanaman timun perlu dirawat. Perawatan yang diperlukan diberikan dalam bentuk penyiangan, pemupukan, dan pemasangan ajir atau lanjaran. rumput liar perlu dicabuti/ disiangi jika tumbuh di sekitar tanaman timun anda. Pemupukan dilakukan dengan larutan nutrisi. Perlu diperhatikan bahwa air nutrisi hidroponik tidak boleh sampai kurang karena itulah satu-satunya sumber makanan bagi tanaman timun anda. Ajir atau lanjaran perlu dipasang untuk menopang tanaman timun yang semakin membesar. Pemasangan bisa dilakukan secara vertical maupun horizontal sesuai keinginan.

cara menanam timun secara hidroponik tadi bisa dipraktekkan di rumah dengan mudah lho. Anda hanya perlu menunggu selama beberapa waktu sebelum tanaman tersebut bisa dipanen dan dinikmati hasilnya. Semoga menginspirasi.

Cara Menanam Timun Secara Hidroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana