Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Sunday, 4 September 2016

Cara Pintar Menanam Kangkung Di Polybag

Tanaman kangkung merupakan sayuran daun yang sangat digemari di Indonesia. Tumbuhan yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan membuat kangkung menjadi sayur banyak dicari. Selain rasa yang lezat, kangkung banyak mengandung zat-zat penting bagi tubuh, termasuk zat besi, serat, dan vitamin B yang penting bagi kesehatan.

Kangkung sangat mudah ditemukan di kawasan perairan, namun tidak menutup kemungkinan dapat hidup di permukaan tanah. Di perairan, biasanya kangkung dibudidayakan di sawah atau empang. Jika ditanam di tanah, kangkung bisa kebun atau pekarangan. Nah ternyata tanaman yang batangnya ber rongga ini juga lho ditanam di pot atau di polybag.

Cara Pintar Menanam Kangkung Di Polybag
Cara menanam kangkung di polybag sangat mudah untuk dilakukan. Langkah ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang memiliki lahan terbatas, apalagi di perkotaan yang tanahnya kebanyakan sudah ditutup semen atau paving block. Berikut kami informasikan 2 cara yang dapat anda lakukan untuk menanam kangkung di polybag.
  • Cara menanam kangkung di polybag 1
Cara yang pertama ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan tanah, pupuk kandang, dan polybag. Untuk benih kangkung yang perlu ditanam, gunakan batang kangkung sisa yang telah anda masak daunnya. Tentunya saat anda membeli sayur kangkung ikat di pasar, anda hanya menggunakan daunnya saja bukan? batang bawah dan akarnya lah yang akan anda tanam.

Cara menanamnya adalah dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang 1:1, lalu masukkan kedalam polybag. Selanjutnya tanamlah akar kangkung yang telah anda sediakan. Tutup dengan sedikit tanah, lalu sirami 2 hari sekali. Jangan sampai tanah dalam polybag kering. sekitar 2 minggu kemudian daun baru akan bermunculan dan bisa anda pangkas daunnya untuk dikonsumsi.
  • Cara menanam kangkung di polybag 2
Alat dan bahan yang anda perlukan adalah polybag, tanah, pupuk kandang, bibit benih kangkung (biasa dijual di toko pertanian), dan ember/ pot besar. Pertama semaikan benih di pot besar/ ember. Caranya campurkan tanah dan pupuk kandang lalu masukkan dalam pot/ember dan taburkan benih diatasnya. Sirami setiap hari sampai benih tumbuh.

Selanjutnya benih akan tumbuh menjadi tanaman kecil-kecil. Saat benih kangkung sudah tumbuh daunnya sekitar 2-3 buah, benih sudah siap dipindahkan ke polybag.

Campurkan tanah dan pupuk kandang dan masukkan kedalam polybag dan tanamlah benih yang telah anda semai tadi. Setiap polybag bisa diisi 2 atau 3 benih. Sirami tanaman kangkung anda  sehari 2 kali atau tergantung cuaca. Saat kangkung sudah tumbuh besar, kangkung siap dipanen.

Anda bisa menggunakan dua cara menanam kangkung di polybag tersebut sesuai kebutuhan dan ketersediaan bahan. Selamat mencoba.

Cara Pintar Menanam Kangkung Di Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana