Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Saturday, 20 August 2016

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah

Menanam pepaya bisa menjadi salah satu cara untuk bisa menikmati buah yang harganya dapat menjadi mahal ini. Pepaya bisa ditanam di kebun maupun di sawah, namun apa daya jika sudah susah menanam ternyata pohon tak kunjung berbuah? Sudah disiram setiap hari dan diberi pupuk, tetap saja pada akhirnya hanya berbuah setahun sekali?

Nah untuk itulah kami menulis artikel cara menanam pepaya agar cepat berbuah ini. jika Anda penasaran, baca terus sampai akhir ya:

Tips Menanam Buah Pepaya Agar Berbuah Banyak 

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah
  • Pemilihan Bibit
langkah pertama dalam cara menanam papaya agar cepat berbuah adalah pemilihan bibit. Benih pepaya yang akan ditanam haruslah bibit yang unggulan dengan ciri-ciri buahnya bebas dari penyakit, bentuknya memanjang, tidak cacat, dan matang di pohon. Biji yang sebaiknya ditanam adalah biji yang berwarna hitam dan diambil dari ujung hingga tengah buah.
  • Penyemaian Biji
Sebelum disemai, bibit harus dijemur terlebih dahulu di bawah terik matahari. Setelah benih kering, rendam biji pada air hangat kuku semalaman. Pilihlah bibit yang tenggelam. Selanjutnya bungkuslah biji yang sudah terseleksi dengan tisu atau lap basah  dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Kira-kira 7- 10 hari kemudian biji akan berkecambah dan siap dipindahkan di polybag.
  • Penanaman
Pada usia 2 bulanan, bibit siap dipindahkan dari polybag ke lahan terbuka baik sawah maupun kebun. Buatlah bedengan dengan lebar 2 meter dan tinggi 30-40 cm. Jarak antar bedengan 50cm. Lubang tanam sebaiknya berukuran 50x50x40cm dibuat pada musim kemarau.

Campurkan pupuk kompos dengan tanah dengan dosis 20kg pupuk per lubang. Lalu tanamlah papaya dan sirami sehari 2 kali sampai tanaman berusia 2 bulan.
  • Perawatan
Lahan perlu disiangi dari gulma secara berkala dan sejak papaya berusia 1,5 bulan seleksi tanaman perlu dilakukan. Tanaman yang buruk pertumbuhannya perlu dicabut dan diganti dengan yang baru.

Pemupukan dilakukan pada usia 2 minggu dengan urea 30gr, SP-36, 40gr, ZA 40gr, KCl 20gr per pohon. Yang kedua dilakukan pada usia 1 bulan dengan urea 40gr, SP-36, 70gr, ZA 70gr, KCl 30gr per pohon. Yang ketiga dilakukan pada usia 4 bulan dengan urea 45gr, SP-36, 80gr, ZA 90gr, KCl 70gr per pohon. Pemupukan keempat pada 6 bulan dengan urea 50gr, SP-36, 90gr, ZA 90gr, KCl 70gr per pohon. Selanjutnya hanya perlu sekali sebulan dengan urea 60gr, SP-36, 100gr, ZA 100gr, KCl 75gr per pohon.

Demikian artikel cara menanam pepaya agar cepat berbuah yang dapat dibagikan tim redaksi. Semoga bermanfaat dan pepaya Anda cepat berbuah ya.

Cara Menanam Pepaya Agar Cepat Berbuah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana