Tips Menanam Kemangi Dengan Hidroponik

Kemangi merupakan salah satu pelengkap makanan di kebanyakan masakan Indonesia, terutama dalam lalapan. Tanaman dengan nama latin Ocimum xcitriodorum ini memiliki aroma daun yang khas dengan sentuhan aroma jeruk limau yang dihasiulkan dari kandungan sitrat tinggi di daun dan bunganya. Mungkin karena ini pula, kemangi dalam bahasa Inggris disebut lemon basil.

Kemangi sendiri sebenarnya adalah hasil dari persilangan dua spesies basil berbeda yakni Ocimum basilicum dengan O. americanum. Tumbuhan kemangi merupakan tumbuhan perdu yang bisa tumbuh mencapai 1 meter. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara menanam kemangi dengan hidroponik. Langsung saja simak dibawah ini.
Cara Menanam Kemangi Dengan Hidroponik
  • Persiapan
Siapkan alat dan bahan berupa botol plastik bekas, gunting/ cutter, sumbu, benih kemangi, media tanam berupa campuran tanah dan kompos, air, cairan nutrisi, dan nampan/ baki.
Setelah itu, persiapan selanjutnya adalah membuat hidroponik kit anda sendiri. Anda bisa melewati tahapan ini bila anda berencana membeli hidroponik kit.
Potong botol plastik dengan cutter/ gunting menjadi dua bagian. Pastikan bagian bawah botol lebih panjang dari bagian atasnya. Lubangi kecil-kecil bagian bahu botol. beri lubang juga pada tutup botol dengan diameter kira-kira 1cm lalu masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali pada botol.
  • Persemaian
Siapkan nampan/ baki dan tuangkan campuran tanah dan kompos diatasnya. Sirami dengan air secukupnya sampai media semai lembab, lalu taburkan biji kemangi diatasnya. Letakkan nampan di tempat yang terkena sinar matahari tetapi tidak terkena air hujan. Setiap hari siramilah benih, jangan sampai tanah komposnya kering, tetapi juga jangan sampai air menggenang agar biji tidak busuk.
  • Penanaman
Setelah 1-2 minggu, benih kemangi akan tumbuh. Tunggulah sampai tingginya kira-kira 5-10 cm, lalu tanam biji kemangi di hidroponik kit yang anda buat.

cara menanam kemangi dengan hidroponik adalah tuangkan cairan nutrisi ke bagian bawah botol. Kemudian letakkan bagian atas botol diatasnya secara terbalik sampai ujung sumbu menyentuh cairan nutrisi. Letakkan campuran tanah dan kompos di bagian atasnya. Kemudian tanamlah benih kemangi yang telah anda semai. Letakkan pada tempat yang terpapar cahaya matahari.
  • Perawatan
Pastikan anda mengisi ulang cairan nutrisi pada hidroponik kit anda saar mulai berkurang. Jika kemangi sudah tumbuh tinggi, berikan tongkat lanjaran untuk penopang agar tidak roboh.

Cara menanam kemangi dengan hidroponik tadi dapat segera diaplikasikan sehingga Anda tidak perlu membeli apabila membutuhkan daunnya. Semoga menambah wawasan ya.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel