Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Sunday, 4 September 2016

3 Cara Mudah Menanam Stoberi Agar Cepat Berbuah

Halo pembaca. Dalam artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara menanam stroberi agar cepat berbuah. Simak terus ya.

Stroberi yang nama latinnya Fragaria ananassa merupakan buah yang sangat populer di dunia. Negara Amerika merupakan negara produsen stroberi terbesar di dunia dengan lebih dari 10 juta ton pertahunnya. Memang, stoberi mengandung banyak sekali manfaat lho untuk tubuh kita. Diantarnya, stroberi mengandung vitamin C, zat besi, dan serat. Oleh karena itu, membudidayakan stroberi pastinya sangat menguntungkan.

Cara Menanam Stoberi Agar Cepat Berbuah
Tanaman stroberi bisa tumbuh dari biji maupun dengan geragih. Jika baru memulai menumbuhkan stroberi, biasanya anda perlu menanam dari biji terlebih dahulu. Baru setelah tumbuh, tanaman stroberi anda akan berkembangbiak dengan geragih. Nah, berikut adalah cara menanam stroberi agar cepat berbuah
  • Persiapan dan penyemaian bibit
Cara menanam stroberi pada umumnya sama dengan menanam tanaman lainnya, yaitu melakukan penyemaian bibit pada tanah yang sudah digemburkan dengan cara dicangkul pada langkah pertama. Selanjutnya tanah dicampur dengan pupuk kandang dan biji strawberry ditaburkan diatasnya dan ditutup dengan tanah tipis-tipis. Lalu tutupkan daun-daunan diatasnya dan sirami sehari sekali atau dua kali sampai tanaman stroberi kecil tumbuh.
  • Pemindahan bibit ke lahan tanam
Langkah kedua adalah memindahkan stroberi ke lahan tanam. Lahan tanam stroberi haruslah sudah digemburkan. Setelah itu buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 80-100 cm dengan ketebalan sekitar 30cm. Taburkan pupuk kandang di bedengan yang telah anda buat, dan biarkan selama 1 minggu sebelum ditanami.

Anda bisa memasang plastik agar rumput liar tidak mudah tumbuh. Jika anda akan menanam di pot, maka tanah untuk menanamnya harus dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Saat lahan sudah siap, bibit stroberi anda siap dipindahkan. Pindahkan bibit ke lahan tanam dengan mengikutkan sedikit tanah semaian di akarnya.
  • Perawatan stroberi
Langkah ketiga adalah menjaga agar stroberi anda tetap terawatt. Perawatan utama yang harus anda lakukan adalah penyiraman. Siram stroberi 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Sesekali siramlah dengan air cucian beras karena air cucian beras memiliki banyak vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan stroberi. Selain itu, agar tanaman anda cepat berbuah pemotongan batang yang menjulur panjang perlu dilakukan. Ditambah lagi, jika ada rumput liar cabutilah karena rumput liar itu akan berebut zat hara dengan tanaman stroberi anda.

Cara menanam stroberi agar cepat berbuah tersebut jelas cukup ampuh bagi Anda yang ingin mengembangkan buah stroberi. Semoga bermanfaat.

3 Cara Mudah Menanam Stoberi Agar Cepat Berbuah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana