Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Monday, 22 August 2016

Cara Menanam Cabai Hidroponik Dalam Botol

Cabai memang bukan bahan makanan pokok, tetapi cabai merupakan salah satu komoditi utama dalam perdagangan pasar. Harganya yang bisa melonjak sangat tinggi merupakan daya tarik tersendiri bagi petani untuk menanam cabai karena  terlihat sangat menguntungkan.

Bagi orang Indonesia sendiri, makan tanpa sedikit rasa pedas memang terasa kurang pas. Mungkin karena inilah cabai sangat laris, terutama ketika masyarakat tengah gandrung dengan berbagai jenis makanan super pedas yang menggugah selera.

Nah bagi Anda yang suka pedas, tidak ada salahnya bila mencoba menanam cabai sendiri. Selain menghemat uang terutama saat harga cabai melambung, mengolah cabai hasil panen dari kebun sendiri pastinya lebih memuaskan.

Cara Menanam Cabai Hidroponik Dalam Botol
Artikel ini akan membahas mengenai cara menanam cabai hidroponik dalam botol. Bagaimana caranya? Lanjutkan membaca ya.
  • Persiapan Benih
Benih cabai bisa berupa benih yang sudah disemai maupun yang masih berupa biji. Benih semaian biasanya sudah ditanam dalam polybag kecil-kecil. Sebaliknya, benih yang masih berupa biji biasanya dijual dalam kemasan plastik.

Anda tinggal menanamnya di media tanam jika membeli benih yang sudah disemai, tetapi anda perlu menyemainya terlebih dahulu jika membeli benih biji. Biji perlu direndam dalam air selama beberapa jam sebelum disemai, lalu taburkan benih di tanah yang telah diletakkan di nampan. Sirami dengan air, tapi jangan sampai menggenangi biji. Sirami setiap hari sampai biji berkecambah. Setelah biji tumbuh menjadi benih setinggi kurang lebih 10 cm,maka  benih siap dipindahkan.
  • Persiapan Peralatan Hidroponik
Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabai hidroponik dalam botol adalah persiapan peralatan hidroponik. Siapkan botol bekas minuman kemasan berukuran besar. Potong menjadi dua pada bagian bahu botol. Lubangi tutupnya dengan paku kira-kira dengan diameter 1 cm untuk lubang sumbu. Lubangi juga bahu botol dengan paku kecil-kecil kira-kira 3 – 5 buah. Lalu masukkan sumbu ke lubangnya.

Isikan air nutrisi pada bagian bawah botol, kemudian letakkan potongan botol bagian atas diatasnya secara terbalik hingga sumbu menyentuh air nutrisi. Lalu taruh tanah bercampur pupuk organic di bagian atas botol untuk menanam benih cabai.
  • Proses Penanaman
Cabut benih cabai. berhati-hatilah agar akar tidak patah. Lalu tanamlah di media tanam yang telah anda buat. Siram dengan sedikit air saat penanaman. Letakkan tanaman di tempat yang terpapar sinar matahari namun tidak terkena air hujan.
  • Perawatan
Perhatikan volume air nutrisi dalam botol. Jangan sampai kehabisan karena itulah satu-satunya sumber nutrisi tanaman cabai Anda.

Anda yang sudah mengetahui cara menanam cabai hidroponik dalam botol dapat langsung mempraktikkannya lho. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Cabai Hidroponik Dalam Botol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana