Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Sunday, 4 September 2016

Cara Menanam Bunga Adenium Dengan Media Sekam Bakar

Bunga adenium yang indah dan berbonggol-bonggol di akarnya merupakan bunga yang membutuhkan perawatan ekstra, terutama jika berhubungan dengan air. Jika bunga adenium disiram terlalu banyak, maka batang atau akarnya akan membusuk. Oleh karena itu, bunga adenium membutuhkan media tanam khusus seperti sekam bakar.

Sekam bakar atau arang sekam adalah hasil pembakaran setengah matang dari kulit gabah. Sekam bakar memiliki pori yang baik dalam menyuplai oksigen ke akar tanaman dan memiliki banyak kandungan karbon (C) yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Bahkan, sekam bakar bisa disebut steril karena mikroba-mikroba telah mati saat proses pembalaran. Selain itu, sekam bakar juga tidak mengikat air terlalu lama sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media tanam bunga adenium.

Cara Menanam Bunga Adenium Dengan Media Sekam Bakar
Pemilihan sekam bakar sebagai media tanam juga bunga adenium juga sangat menguntungkan karena arang atau karbon pada dasarnya memiliki sifat filtrasi atau menyaring. Ini cocok sekali dengan karakteristik bunga adenium yang jika sedikit saja terkena penyakit akan busuk akarnya. Jadi, dengan sekam bakar, air yang digunakan untuk menyirami bunga adenium akan tersaring secara otomatis sehingga potensi penyakit pada bunga adenium berkurang.

Untuk menanam bunga adenium, biasanya sekam bakar akan dicampurkan dengan bahan lain seperti pasir malang, kompos, sekam mentah, atau batu apung. Dalam cara menanam bunga adenium dengan media sekam bakar, ada beberapa komposisi media tanam berbahan sekam bakar yang bisa digunakan.

Misalnya:
  1. Perbandingan 1:1:1:1 dari pasir malang, sekam bakar, sekam mentah, dan pupuk kandang
  2. Perbandingan 1:1:1:1 dari pasir bangunan, sekam bakar, sekam mentah, dan pupuk kandang
  3. Perbandingan 2:2:1 dari pasir malang atau batu apung, sekam bakar, dan pupuk kandang atau pupuk kompos.
  4. Perbandingan 5:1:1 dari sekam bakar, kompos, dan pasir malang
Nah, setelah mengetahui apa itu arang sekam atau sekam bakar dan manfaatnya, mari  simak cara menanam hidroponik dengan media arang sekam.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat media tanam bunga adenium. Anda bisa memilih dari salah satu contoh yang telah kami berikan diatas. Selanjutnya, tuangkan media tanam di pot yang cukup besar untuk menampung akar dari bunga adenium anda separuhnya saja. Lalu masukkan tanaman adenium anda dan tutup kembali dengan media tanam.

Untuk perawatan, cukup siram sehari sekali atau dua hari sekali. Intinya, jangan biarkan media tanam adenium lembab karena akan merusaknya. Cara menanam hidroponik dengan media arang sekam memang cukup mudah dilakukan. Anda bisa menghemat pengeluaran namun tetap mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba.

Cara Menanam Bunga Adenium Dengan Media Sekam Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana