Blog Tentang Budidaya dan Cara Menanam Berbagai Buah dan Tumbuhan

Sunday, 4 September 2016

Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Arang Sekam

Halo pembaca. Dalam artikel kali ini, kami akan menginformasikan cara menanam hidroponik dengan media arang sekam. Tapi sebelumnya, apakah anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan media tanam? Well, media tanam adalah bahan yang digunakan untuk menanam yang harus memiliki nutrisi dan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Untuk bercocok tanam secara hidroponik sendiri, ada berbagai macam media tanam yang bisa digunakan. Media tanam hidroponik harus bersifat porus (berpori) agar air nutrisi dapat masuk kedalamnya sehingga akar tanaman bisa menyerap nutrisi. Diantaranya adalah pasir, zeolit, rockwool, arang sekam, serabut kelapa, dan gambut.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Arang Sekam
Arang sekam adalah salah satu media tanam hidroponik yang memiliki banyak kellebihan. Kelebihannya diantaranya harganya yang relative murah, mudah didapat, ringan, steril, dan porositasnya baik. Kalaupun tidak tersedia dalam bentuk sekam bakar, anda masih bisa mendapatkan bahan mentahnya yaitu kulit gabah padi. Pada umumnya tanaman yang ditanam menggunakan media arang sekam adalah tomat, mentimun, dan paprika. Namun sebenarnya tanaman sayuran lain juga bisa ditanam dengan arang sekam.

Nah jika disekitar rumah anda tidak ada arang sekam, mungkin anda bisa membuatnya sendiri. Ada 2 cara untuk membuat arang sekam, yaitu dengan disangrai atau dibuat arang. Jika dengan menyangrai, anda bisa menyangrai sekam diatas seng hingga gosong. Setelah itu angkat dan siram.

Sementara jika membuat dengan diarangkan anda harus membakar sekam didalam tong setinggi 20cm dengan oli sampai asap berkurang. Kemudian tambahkan terus sekam sedikit demi sedikit sampai tong penuh. Setelah penuh dan asap terakhir berkurang, tutuplah tong dengan karung basah dan tutup dengan rapat dengan kayu atau tutup lain sampai dingin. Terakhir, ayak arang sekam dari abunya.

Baik dengan cara disangrai maupun diarangkan, arang sekam yang dihasilkan adalah 30- 40% dari bahan mentah. Itu artinya, jika gabah yang anda gunakan 100kg, hasilnya adalah 30- 40 kg arang sekam.

Selanjutnya, cara menanam hidroponik dengan media arang sekam adalah mencampurkan arang sekam dengan media tanam lain. Sebenarnya arang sekam bisa digunakan tanpa campuran, tetapi pada umumnya dicampurkan baik dengan tanah, pasir,maupun cocopeat.

Perbandingan yang digunakan tergantung dengan tanaman yang akan ditanam, Bisa 1:1 maupun 1:2. Jika media tanam sudah jadi, maka media tanam siap untuk diletakkan di hidroponik kit yang telahdisediakan dan ditanami benih.

Mudah bukan cara menanam hidroponik dengan media arang sekam? Semoga bemanfaat ya.

Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Arang Sekam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vani Oktaviana